12 September 2018

Membersihkan Kotoran di Batu Andesit

Membersihkan Kotoran Di Batu Andesit dan Batu Alam Lainnya

Sebagian orang tidak menginginkan di beberapa sudut rumah mereka terpasang batu alam yang sebenarnya merupakan material “Protagonist” atau material  utama seperti di area: tangga, lantai ruang tamu, cerobong asap, pojok BBQ atau umumnya di bagian atas kamar mandi dan dapur.
Yang paling sering membuat keraguan bagi seseorang sebelum memasang batu alam dirumahnya yaitu bukan karena masalah harga, tapi: bagaimana cara merawat dan membersihkannya?
Kami akan coba jelaskan selengkap mungkin tentang bagaimana membersihkan batu Alam dengan cara pintar.
Pertama kita akan memberikan solusi sederhana, khususnya bagi mereka yang dirumahnya hanya memiliki produk-produk kebersihan biasa yang sering digunakan sehari-hari.
Dalam artikel yang akan datang kami akan sampaikan bahan pembersih yang lebih khusus, yang hanya diperuntukan untuk membersihkan batu alam dengan cara yang lebih efisien, tidak merusak atau mengubah cat, warna dan tekstur batu alam tersebut.
CaraSederhanastone cleaner1
Cara terbaik untuk membersihkan batu alam, baik itu granit, marmer, batu pasir, batu tulis, adalah dengan menggunakan air yang dicampur dengan sabun ber PH netral, seperti yang digunakan untuk  mencuci piring.
Kita juga bisa menggunakan campuran air dengan tambahan sedikit amonia atau dengan sedikit pemutih (bleach), tetapi amonia lebih baik, karena ammonia bukanlah asam/asid, tapi bersifat basa dan tidak akan merusak batu alam.
Tapi harus diingat, jangan pernah mencampurkan ammonia dengan pemutih (bleach) karena campuran ini dapat menghasilkan uap berbahaya yang dapat mematikan bila terhirup.
Pembersihan harus dilakukan dengan menggunakan spons, kain lembut atau sikat yang sangat lembut untuk menghindari permukaan batu alam tergores dan lakukanlah dengan cara memutar. Setelah permukaan batu alam dibersihkan lalu keringkan segera dengan handuk lembut. Karena jika kita biarkan mengering dengan sendirinya, maka akan tertinggallah noda-noda putih yang membuat batu alam jadi tidak bercahaya.
1. Lemak: Tidak hanya permukaan dapur saja yang kotor, tetapi juga tempat untuk BBQ/barbecue dan lantai ruang makan, atau di area dimana lilin hias terpasang, atau di area dimana produk kosmetik bisa berbekas.
Batu-batu alam di Area BBQ/Barbekyu dan lantai sekitarnya cenderung jarang atau tidak pernah dibersihkan, atau tidak pernah di lap dan akhirnya batu alam tersebut bisa keropos. Pemulihan yang efektif yaitu dengan menngunakan bedak (Talk Powder). Taburkan bedak secukupnya di atas batu alam yang kotor dan berlemak lalu biarkan bedak tersebut bereaksi selama beberapa hari. Semakin lama, semakin baik. Jika, setelah dibersihkan tidak semua kotoran hilang, maka ulangilah proses tersebut.
Cara lain adalah dengan mencampurkan natrium bikarbonat dengan sedikit air, lalu siramkan ke batu alam sehingga semua permukaannya terbasahi dan biarkan beberapa saat untuk bereaksi. Lalu setelah itu bilas lagi dengan air biasa dan keringkan dengan lap.
2.  Karat: Noda kuning karena proses oksidasi besi yang menempel di batu alam akan menghilangkan keindahan batu alam tersebut. Karat ini bisa hilang dengan cara dibersihkan dengan campuran jus lemon dan garam.
Jangan lupa kita harus perhitungkan bahwa lemon bersifat asam, sehingga ketika melakukan pembersihan harus bertindak cepat dalam waktu singkat, karena dapat menghilangkan kecantikan dan cahaya batu alam tersebut. Bilaslah dengan air yang cukup banyak lalu biarkan sampai kering atau lap dengan kain yang lembut. Jika batu alam tersebut dari jenis marmer, batu kapur, ada kemungkinan pada saat dipoles dengan lemon, kilapannya akan memudar.
3. Organik: Noda sisa makanan, kopi, dedaunan yang membusuk, dan lichen (jamur, alga dll).
Cara yang paling efisien, apabila tidak berhasil dengan cara yang telah disampaikan di atas, yaitu dengan mencampurkan air dengan deterjen atau bleach/pemutih atau amonia, maka cobalah cara yang lain yaitu dengan campuran hydrogenperoxide dan beberapa tetes ammonia lalu biarkan larutan ini bereaksi.
4.  Cat dan tinta: Noda ini lebih rumit untuk dibersihkan. Keduanya harus dibersihkan dengan pelarut atau penghilang lapisan cat: ada beberapa jenis bahan kimia yang digunakan, yang paling umum adalah metilen klorida atau alkohol mineral. Tapi harus diingat, berhati-hatilah dengan metilen klorida, karena berbahaya.
Untuk tinta bisa digunakan campuran air dan bleach/pemutih khususnya untuk batu alam berwarna cerah atau gunakan Aseton jika batu alam berwarna gelap.
Zat ini bersifat menyerang/Agresif yang artinya harus digunakan secara hati-hati.
5.  Lantai sangat kotor: Ketika lantai sangat kotor, terutama untuk jenis marmer, maka harus sekali-kali digosok, dan gunakan air yang sudah bercampur dengan oksigen 300 cc.
Trik-trik Sederhana Agar Batu Alam Lebih Mengkilap/Berkilau
1 – . Gunakan garam secukupnya dengan kain basah lalu gosokan ke batu alam. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan dengan menggunakan lap lembut yang kering.
2 – . Dengan menggunakan ‘malam” extra-virgin dan ‘malam’ yang khusus menambah kilauan. Lalu gosoklah ketika ‘malam’ nya sudah mengering.
3 – . Basahi kain pel dengan minyak gas (gasoline). Lalu gosok dan biarkan kering.
4 – . Dengan menggunakan produk aerosol untuk membersihkan kayu. Ini biasanya mengandung ‘malam’.
5 – . Dengan pembersih kaca.
6 – . Untuk batu hitam dapat juga menggunakan semir sepatu hitam.
Memberikan lapisan ‘malam’ di tiap potongan batu alam selain berfungsi untuk menambah kilauan tapi juga dapat menutup pori-pori. Tapi ketika lapisan ‘malam’ lain ditambahkan, bertumpang tindih satu sama lain, warna kuning akan muncul, terutama di batu alam yang berwarna cerah.
stone cleanerUntuk menghindari hal ini, maka lapisan malam yang berlebihan harus di hilangkan dengan produk khusus penghilang malam/lilin, lalu gosok dengan air + sabun dan keringkan kemudian lapisi lagi dengan malam batu alam tersebut.
KESIMPULAN
Tidak ada alasan lagi, Jika Anda menyukai batu alam, pilihlah salah satu yang Anda suka. Banyak pilihan warna dan variasinya. Tentu Anda akan menemukan yang Anda suka. Hiasi rumah Anda tanpa harus khawatir dan rasakan kepuasan untuk melihat batu alam di rumah Anda sepanjang waktu.
Source: Dari Berbagai Sumber On Line, Dengan percobaan Bertahap

No comments: